08 Juli 2010

A. LATAR BELAKANG
Pemilihan tempat tinggal yang baik dan kondusif bagi seorang mahasiswa terutama mahasiswa rantau merupakan hal yang sangat penting demi kelancaran dan keberhasilan perkuliahannya. Tidak jarang pemilihan tempat tinggal yang keliru berbuah dampak yang sangat buruk terhadap perkembangan kepribadian dan keintelektualitas seorang mahasiswa. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kondisi lingkungan tempat tinggal berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa (Muhammad Adiwardana Harjono)
Ada berbagai jenis tempat tinggal bagi seorang mahasiswa khususnya mahasiswa yang berasal dari luar kota kampus kuliahnya, antara lain asrama, kos, dan rumah family. Dalam menentukan dimana ia sebaiknya tinggal tentu ada pertimbangan-pertimbangan untung-ruginya. Diantara pertimbangan-pertimbangan itu ada mengenai biaya hidup sehari-hari, faktor keamanan, kenyamanan, kemudahan akses ke tempat-tempat umum dan lain-lain.
Bagi mahasiswa Undana, khususnya yang mengambil perkuliahan di kampus Baru Undana. Jl Adisucipto Penfui, sudah banyak pemilik lahan disekitar kampus yang membangun kos-kos, yaitu di Penfui dan di Oesapa. Pihak Undana sendiri telah menyediakan Rumah susun mahasiswa yang lokasinya tidak jauh dari kampus sehingga memudahkan mahasiswa yang bermasalah dengan budget dalam melakukan aktifitas perkuliahannya. Ada juga mahasiswa yang memilih tidak tinggal di kos, misalnya mereka memilih tinggal di asrama tertentu atau memilih tinggal bersama keluarga dekat mereka. Tentu saja setiap orang berhak memilih dimana ia harus tinggal dengan alasan-alasan tertentu.
B. TUJUAN
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah :
1. Mengidentifikasi tempat tinggal dengan kondisi lingkungan yang kondusif bagi mahasiswa Universitas Nusa Cendana.
2. Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih tempat tinggal yang baik dan kondisif bagi calon mahasiswa yang hendak kuliah di Universitas Nusa Cendana.

C. PERUMUSAN MASALAH
Pemilihan lokasi tempat tinggal mahasiswa berupa kos-kosan atau sejenisnya menjadi sangat penting demi kelancaran proses perkuliahan mahasiswa tersebut. Mahasiswa sebagai kaum intelektual yang dinamis dalam menghadapi permasalahan seperti pengambilan keputusan ini adalah bentuk penerapan materi yang di dapat pada masa perkuliahan. Pemilihan lokasi kos-kosan ini juga harus memenuhi berbagai kriteria yang umumnya dihadapkan kepada si pemilik kos untuk menempati tempat tinggal tersebut atau tidak.

D. METODOLOGI PENELITIAN
Sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian, langkah-langkah penelitiannya sebagai berikut :
1. Penentuan sasaran yang ingin dicapai
Sasaran yang ingin di capai yaitu memilih jenis tempat tinggal yang baik dan kondusif bagi mahasiswa Universitas Nusa Cendana.
2. Penentuan kriteria atau syarat-syarat pemilihan,
Kriteria-kriteria yang berhubungan dengan memilih tempat tinggal adalah biaya hidup, keamanan, kenyamanan, fasilitas, dan kemudahan akses ke tempat umum.
3. Penentuan alternatif pilihan
Alternatif tempat tinggal yang sesuai dengan peneletian ini adalah tinggal di kos di Oesapa, kos di penfui, Asrama, Rumah susun Mahasiswa, dan tinggal bersama keluarga.
4. Menyusun kriteria dan alternatif untuk masing-masing kriteria tersebut dalam bentuk matriks berpasangan. Bentuk matriks tersebut ditampilkan
Catatan : cara pengisian elemen matriks adalah ;
5. Elemen a_(i,i)=1 di mana i=1,2,… ,n
6. Elemen matriks segitiga atas sebagai input.
7. Elemen matriks segitiga bawah mempunyai rumus a_(j,i)=1/a_(i,j) untuk i≠j
8. Menjumlahkan setiap kolom pada tabel
9. Menentukan nilai elemen kolom kriteria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar